Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memilih anggota tim proyek? Jelaskan.
Jawab :
1. Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus
mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan
produktivitas.
•Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya
bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat
kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk
menyelesaikan tugas dengan baik
•Saling percaya : Rasa saling percaya antar sesama anggota
merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, agar tim
mampu bekerja secara efektif.
•Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang
mampu menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah
kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat
loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan
lebih produktif.
•Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua
anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antar pribadi
secara baik, bicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada,
dan secara bersama menghadapi masalah.
•Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas
yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya,
ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi sangat lebih
efektif daripada perorangan.
0 komentar:
Posting Komentar