Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang ilmu
komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan
komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan,
menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer.
Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar,
bagan-bagan, dan diagram-diagram. Grafika komputer dikembangkan melalui suatu
sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Graphical User
Interface (GUI), dalam hubungannya dengan sains komputer, adalah suatu
antarmuka berbentuk tampilan yang memungkinkan seorang user untuk memilih
perintah, menjalankan program, melihat serangkaian file dan memilih opsi lain
dengan menunjukkan representasi gambar (icon) ataupun melalui sejumlah menu
pada layar komputer. Beberapa kemajuan utama dalam computer grafik 3D:
· Flat shading : suatu
teknik shades masing-masing polygon dari suatu objek berdasarkan pada polygon
“normal” dan posisi serta intensitas sumber cahaya.
· Gouraud shading :
ditemukan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971 dengan teknik resource-conscious
yang digunakan untuk menirukan shade dengan permukaan lembut dan penyisipan
warna puncak antarpermukaan polygon.
· Texture
mapping : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar
(tekstur) menjadi polygons.
· Phong
shading : ditemukan oleh Bui Tuong Phong; suatu teknik shading yang lembut
penyisipan yang puncak mendekati normal pencahayaan dari polygon curved-surface
dengan antarpermukaan; model pencahayaan meliputi glossy reflection dengan
suatu tingkatan permukaan yang halus.
· Bump
mapping : ditemukan oleh Jim Blinn, suatu teknik normal-perturbation yang
digunakan untuk menirukan permukaan yang tidak rata atau mengerut.
· Ray
Tracing : suatu metode berdasarkan pada prinsip fisik dari ilmu optic geometris
yang bisa menirukan pantulan berulang dan transparan.
· Radiosity
: suatu teknik untuk global illumination yang menggunakan teori perpindahan
radiatif untuk menirukan iluminasi secara tidak langsung (yang dicerminkan).
·
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan,misalkan pada
film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
Contoh karya animasi dalam
srbuah film
2.Bidang Pendidikan,grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
Contoh sebuah presentasi
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media
cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh:
Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Gambar GIMP—Aplikasi Image editing untuk
digital art.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti
tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola
Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari
PC, console, hingga mobile
devices.
Gambar Video game menggunakan grafika
komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan
sepakbola.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan
dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD
banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang
sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement,
pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan
sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang
seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek
dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk
memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan
objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer
yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi
biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image,
diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi
cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun
nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein,
strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia
yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
2.Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat
satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
3.Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari
pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop
elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil
dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai
sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000
kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam
patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi
organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan
immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit
ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya :
o pemetaaan
tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
o penilaian
pertanian dan monitoring
o manajemen
pantai dan sumber daya laut
o explorasi
mineral
o explorasi
minyak dan gas
o manajemen
sumber daya hutan
o perencanaan
kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
o pemasangan
dan perencanaan telekomunikasi
o oseanografi
fisik
o pemetaan
topografis dan geologis
o pemetaan
dan pendeteksian es laut
0 komentar:
Posting Komentar