Siiragill Blog's

Welcome To siiragill.blogspot.com

Penerapan Telematika

TELEMATIKA


Pendahuluan

Di Dalam era Milenium sekarang ini, komputer adalah alat yang sangat dibutuhkan oleh banyak instansi dan perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta. Pemakaian komputer semakin berkembang pesat pada  segala bidang sesuai dengan kemajuan zaman. Sejalan dengan lajunya perkembangan dunia teknologi modern saat ini, mengakibatkan perubahan kehidupan manusia didalam menangani pada setiap permasalahan yang mungkin terjadi dengan ada hubungannya pada proses pembangunan secara menyeluruh.
Pada Saat ini, komputer sudah memasuki hampir semua kehidupan masyarakat. Dunia pendidikan sangat terkait dengan komputerisasi. Dalam mendukung pembelajaran maupun dalam pengolahan data yang ada di lingkungan sekolah. Pembelajaran pada lingkungan sekolah dapat dibantu dengan aplikasi-aplikasi yang dibangun mengenai pelajaran. Komputer memiliki peranan yang besar pada bidang pendidikan khususnya dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga model pembelajaran yang klasikal, yaitu dengan menggunakan buku sebagai sumber belajar dirasa sangat membosankan.

Teknologi informasi dan komunikasi, pada zaman sekarang tidak dapat dilepaskan dengan telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah banyak mempengaruhi aspek kehidupan di masyarakat, diantaranya dalam alam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan masing-masing, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang sudah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.


Teori

Telematika merupakan serapan dari bahasa Perancis, yaitu telematique. Pertama kali istilah ini dipopulerkan oleh Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978 dalam bukunya yang berjudulL’informatisation de la Societe. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
Secara umum, telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Bidang yang terkait dengan telematika antara lain adalah :
• E-Government
• E-Commerce
• E-Learning

ANALISIS
Contoh penerapan telematika pada bidang pendidikan salah satunya adalah E-learning yakni merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Adapun contoh lain yaitu Perpustakaan Elektronik Perpustakaan yang biasanya berisi arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
Di Negara kita Indonesia, sekarang semua orang sudah mempunyai Smartphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan teknologinya, dan semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung baik itu dari social engineering, chatting, maupun video call yg lagi booming-nya di Indonesia akibat pasar Smartphone android atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi ataupun 3G HSDPA dan Evdo bagi pengguna CDMA.


Referensi
http://agungdimas.wordpress.com/2012/10/10/konsep-dan-pendahuluan-telematika/
http://emkayuni-yunie.blogspot.com/2011/10/perkembangan-telematika.html
http://girlycious09.wordpress.com/tag/pengertian-telematika/
http://dewaruci2.wordpress.com/2013/09/30/tugas-softskill-pengantar-telematika/



0 komentar:

Posting Komentar