Siiragill Blog's

Welcome To siiragill.blogspot.com

Proposal Penulisan Ilmiah - Oracle Untuk Database Suatu Perusahaan

A. Latar belakang masalah

Dalam perkembangan industri yang sangat pesat di dunia ini, tidak menutup kemungkinan dari hasil karya manusia itu tersebut. Di masa kini suatu perusahaan membutuhkan database untuk menyimpan segala arsip yang berkaitan dengan segala macam urusan perusahaan tersebut. Misalkan untuk membuat laporan pegawai, data karyawan, maupun untuk menjualkan barang-barangnya yang dapat dipromosikan  melalui web dengan mengkoneksikan ke database.  Databse tersebut berfungsi untuk menyimpan & menampung segala data yang di butuhkan sebuah perusahaan.  Saya memilih oracle sebagai pembahasan pada proposal ini.
B. Identifikasi masalah
Dalam identifikasi lembar identifikasi masalah ini terdapat beberapa masalah yang harus diuraikan pada proposal ini :
-          Kelebihan menggunakan oracle dalam suatu perusahaan
-          Kekurangan menggunakan oracle dalam suatu perusahaan
C. Rumusan masalah
Berkaca pada identifikasi masalah dalam rumusan masalah dapat di simpulkan :
-          Mengapa menggunakan oracle sebagai database
-          Siapa saja perusahaan yang menggunakan oracle sebagai database
D.Tujuan penulisan ilmiah
Tujuan pembuatan Penulisan Ilmiah ini adalah penulis ingin berusaha mengetahui seberapa pentingnya oracle sebagai database suatu perusahaan Masalah tersebut mencakup siapa saja perusahaan yang menggunakan oracle sebagai databasenya.
      E. Manfaat penulisan ilmiah
Manfaat pembuatan Penulisan Ilmiah ini adalah supaya mengasah keterampilan penulis dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagai bahan acuan untuk dapat membuat skripsi.


BAB II
ISI
A.     Landasan teori + Hipotesis

1.      Sejarah & Pengertian Oracle

Perusahaan Oracle didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates, dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) selama beberapa tahun sampai saat ini. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan database server di mainframe. Kisah sukses Oracle Corp terkait dengan sejarah dan teori database relasional. Teori database relasional diperkenalkan hampir secara simultan oleh Edgar F. Codd (dalam artikelnya yang terkenal Large shared data banks) dan seorang penemu lain yang kurang dikenal, pada tahun 1969. IBM adalah perusahaan pertama yang menerapkan model relasional ini dalam bahasa SQL, dengan produknya DB2. Sayangnya IBM agak ragu akan keampuhan SQL dan model relasional (nantinya akan berpengaruh pada ketertinggalan IBM di pasar database-server sistem operasi Unix dan Windows ).

2.      Pengertian oracle

Pengertian Oracle : Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. 

3.      Kelebihan & Kekurangan Oracle

A.     Kelebihan Oracle
-     Fungsi, Database Oracle yang digunakan untuk hampir semua aplikasi di tingkat perusahaan. Dengan demikian, database Oracle mendominasi industri perbankan. Sepuluh bank top dunia menggunakan database Oracle untuk melakukan bisnis mereka. Hal ini terutama karena fungsi Oracle. Mereka menyediakan kombinasi tinggi tingkat teknologi dan solusi bisnis yang terintegrasi. Ini adalah sempurna untuk hampir semua perusahaan yang memiliki data dalam jumlah besar untuk menyimpan dan mengakses.
-     Kepuasan Pelanggan, Salah satu keuntungan menggunakan database Oracle adalah karena pelayanan Oracle dalam melayani kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, semua database Oracle yang kompatibel. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meng-upgrade sistem mereka tanpa melakukan perombakan total pada sistem database mereka. Hal ini membuat update menjadi lebih efisien dan rendah biaya. Selain itu, versi terbaru dari database Oracle menyediakan fitur baru sementara untuk menjaga fitur populer dari versi lama. Hal ini memastikan bahwa produk mereka didasarkan pada fungsi pelanggan daripada apa adalah biaya-efektif untuk Oracle.

-      Handal, Keuntungan lain yang tidak kalah penting yang ditawarkan oleh database Oracle adalah kehandalan mereka. Oracle adalah database yang memberikan kinerja yang sangat baik ketika ditantang dengan tugas-tugas berat. Seperti Tes ASAM, yang merupakan alat penting yang digunakan untuk memastikan integritas data yang tersimpan, dengan mudah disahkan oleh database Oracle. Tes ini penting karena dapat diandalkan penyimpanan data adalah tujuan utama dari database. Dengan demikian, database Oracle telah terbukti memberikan integritas yang tinggi penyimpanan data.

-      Teknologi Flashback, Database Oracle menggabungkan teknologi Flashback, yang merupakan keuntungan yang signifikan. Dalam suatu hal outage pada aplikasi yang dikarenakan sejumlah alasan, menjadi penting untuk tidak kehilangan data yang tersimpan pada sistem database. Flashback teknologi Oracle memungkinkan untuk pemulihan data yang efisien salah dihapus atau hilang. Dengan demikian, teknologi Flashback dasarnya menghilangkan kesalahan manusia dan meningkatkan waktu pemulihan database. Pada akhirnya, fitur ini memungkinkan untuk menyederhanakan manajemen dan proses administrasi.
A.     Kekurangan oracle

-      Ketidakcocokan dan Kompleksitas, Salah satu kelemahan utama dari Oracle SQL adalah inkonsistensi dan ketidakcocokan data dalam bidang waktu dan sintaks tanggal, penggabungan string dan sensitivitas kasus. Bahasa adalah kompleks, dengan pendekatan kata kunci serupa dalam struktur COBOL (umum berorientasi bisnis bahasa), dengan sintaks yang lebih sedikit dan aturan tata bahasa.

-       Fungsi yang terbatas, SQL adalah bahasa domain yang spesifik atau tujuan khusus, dan penggunaannya terbatas pada domain program khusus. Pernyataan SQL dioperasikan pada tabel dan set data, seperti database personil dan spreadsheet akuntansi. SQL adalah bahasa deklaratif domain tertentu yang terbatas pada representasi data dalam bentuk tabel.

-       Ketidakmampuan untuk Melaksanakan Pengolahan Rekursif, Pengolahan Rekursif adalah jenis fungsi komputer (atau program) di mana salah satu langkah dari sebuah program (atau prosedur) tayangan ulang seluruh program (atau prosedur). SQL tidak memiliki konstruksi perulangan yang umum di tingkat tinggi lainnya bahasa pemrograman, seperti untuk dan apa loop. Hal ini tidak dapat mengulangi tindakan dan tidak ada cara untuk mendefinisikan konstruksi perulangan berulang di SQL.

-      Biaya yang mahal. Dalam perawatan atau pembuatan database menggunakan oracle sangat mahal. Oleh karena itu biasa perusahaan besar yang menggunakan oracle sebagai databasenya.


A.     Kesimpulan sementara
      Dari penjelasan di atas dapat diberikan kesimpulan sementara bahwa : Oracle memang database yang bagus untuk suatu perusahaan, tetapi biaya yang di keluarkan pun cukup besar untuk membangunnya.



BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan

-                Biaya untuk pembuatan database oracle cukup mahal
-                Perangkat keras (hardware)  atau maintenance oracle juga mahal
-                Hanya perusahaan besar yang menggunakan oracle sebagai database

B.     Saran

Saran untuk aplikasi orace adalah supaya biaya yang dikelurkan tidak terlalu mahal, sehingga perusahan menengah dapat menggunakannya.

C.     Daftar Pustaka




0 komentar:

Poskan Komentar