Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pasar
terdiri dari dua jenis:
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan sempurna
Pasar ini terbentuk ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan sempurna
Pasar ini terbentuk ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
a-Jumlah perusahaan dalam
pasar sangat banyak.
b-Produk/barang yang
diperdagangkan serba sama (homogen).
c- Konsumen memahami
sepenuhnya keadaan pasar.
d- Tidak ada hambatan
untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
e- Pemerintah tidak
campur tangan dalam proses pembentukan harga.
f. Penjual atau
produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga)
Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari monopoli, oligopoli, duopoli, monopolistik dan monopsoni.
Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari monopoli, oligopoli, duopoli, monopolistik dan monopsoni.
- Pasar monopoli
Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri -ciri dari pasar monopoli adalah:
Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri -ciri dari pasar monopoli adalah:
1. Hanya ada satu
produsen yang menguasai penawaran
2. Tidak ada barang
substitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. Produsen memiliki
kekuatan menentukan harga
4. Tidak ada pengusaha
lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan
perusahaan.
-Pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah
suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat
beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri
dari pasar oligopoli adalah:
1. Terdapat beberapa
penjual/produsen yang menguasai pasar
2. Barang yang
diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated
product), seperti air minuman aqua.
3. Terdapat hambatan
masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
4. Satu di antaranya
para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar
yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga
dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk
oligopoli: semen, air mineral.
-Pasar duopoli
Pasar Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Pasar Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
-Pasar monopolistik
Pasar monopolistik adalah
suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat
sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik
merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya.
Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang
sejenis.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat banyak produsen
yang berkecimpung di pasar
2. Barang yang
diperjual-belikan merupakan differentiated product
3. Untuk memenangkan
persaingan setiap produsenaktif melakukan iklan.
4. Keluar masuk pasar
produk relatif lebih mudah
-Pasar monopsoni
Pasar monopsoni dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
Pasar monopsoni dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar